Kawasan Minapolitan Badug di Kabupaten Nganjuk

Kawasan Minapolitan Badug di Kabupaten Nganjuk
Ibu-ibu menjadi aktor utama penggerak ekonomi di kawasan Minapolitan di Bendungan Badug. Basis bank protein dari daratan ini memiliki konsep pengembangan ekonomi kawasan berbasis komoditas unggulan dari hulu ke hilir. Model yang tepat sebagai pola pengembangan ekonomi masyarakat pedesaan daratan rendah.

16 Jul 2016

Aksobya Arca Blogspot

          Aksobya Acra merupakan blog baru yang mengusung tulisan tentang ragam budaya langka dan jarang dipertunjukan ataupun budaya-budaya lokal yang belum terpublikasi dan sudah terpublikasi tetapi masih jarang. Selain tulisan mengenai budaya, penulis juga akan mempublikasikan beberapa tulisan sastra baik puisi, cerita ataupun foklore rakyat di beberapa wilayah. Nama Aksobya diambil dari nama sebuah arca yang hilang pada saat halilintar menyambar pada tahun saka 1253. Arca tersebut berada di Candi Jawi Pasuruan. Sedangkan, nama Acra diambil dari bahasa walikan dari Arca. Konten bahasa walikan ditersebut karena penulis merupakan mahasiswa asli Jawa Timur dan mendapat gelar Sarjananya di Kota Malang. Bahasa walikan yang lekat dengan arek Malang menguatkan identitas penulis sebagai arek Malang walaupun statusnya arek Malang swasta (karena bukan lahir di Malang).  
          Publikasi tulisan akan dishare secara berkala, yakni seminggu dua kali pada hari Senin dan Jum'at. sebenarnya banyak referensi yang harus dishare oleh penulis sebagai informasi budaya. Akan tetapi, kecanduhan media sosial membuat penulis baru memulai pembuatan blog pada  17-07-2016. Sayangnya tanggal cantik 17-07-2017 baru tahun depan tapi itu tak masalah. Masalah yang sebenernya serius adalah hilangnya wawasan kebudayaan lokal para generasi muda sekarang. Seringkali anak-anak jaman sekarang lebih menguasai gadgetnya dibanding dengan lingkungannya. Dulu semasa kecil penulis sering bermain dengan kakaknya tanpa mengeluarkan sepeser uang. Mereka sering memanfaatkan apa yang ada, misalnya batang daun pisang untuk pistol kretekan (bedel kretek), bambu bekas untuk layangan, gobak sodor, gobak kitiran dan lain sebagainya. Darisinilah latar belakang pembuatan blog ini di mulai. Tapi, jika dipikir-pikir pemanfaatan alam menjadi kunci utama kreatifitas dan pengembangan bakat dan tentunya hal-hal semacam itu bisa manjadi tabungan pelatihan untuk menciptakan kreativitas dan inovasi bukan mengkonsumsi kreativitas dan inovasi di masa yang akan datang. Agaknya tulisan ini mulai terlalu berat, maka dari pada si penulis menulis pembahasan yang lebih berat lagi, maka cukup sekian tulisan pembuka ini. selanjutnya posting kembali akan di rilis pada hari Senin. 

                                                                      ------see you--------

0 comments:

Posting Komentar

Share on

Twitter Linkedin Instagram Facebook

Find Me