Kawasan Minapolitan Badug di Kabupaten Nganjuk

Kawasan Minapolitan Badug di Kabupaten Nganjuk
Ibu-ibu menjadi aktor utama penggerak ekonomi di kawasan Minapolitan di Bendungan Badug. Basis bank protein dari daratan ini memiliki konsep pengembangan ekonomi kawasan berbasis komoditas unggulan dari hulu ke hilir. Model yang tepat sebagai pola pengembangan ekonomi masyarakat pedesaan daratan rendah.

17 Jul 2016

Mitos Pendakian Gunung Arjuno

JILUMOTUNGOLAS sengaja ditulis dengan angka kapital bukan karena maksud apa-apa, melainkan karena kata-kata itu adalah singkatan. Penulis mendapatkan kata-kata itu dari induk semang penulis yang berada Desa Jatiarjo. Sebenarnya  JILUMOTUNGOLAS adalah singkatan dari siji, telu, limo, pitu, songo, sewelas dan seterusnya angka ganjil dalam bahasa Jawa. Angka-angka tersebut ditandai karena terkait dengan mitos pendakian ke Gunung Arjuno. Menurut Bapak semang penulis " kalau mau menjadaki ke Arjuno jumlahe jangan ganjil. Bahaya bisa terjadi apa-apa sudah sering kejadian". Selain itu, bapak juga bercerita kalau beberapa bulan yang lalu ada pendakian dari sekelompok anak Surabaya kalau penulis tidak salah ingat. sekelompok pendaki itu naik ke Arjuno dengan jumlah sembilan orang. Mereka mendaki dengan selamat tapi pulangnya tidak selamat. Dua diantaranya meninggal akibat tertinggal dari rombongan lalu tersesat dan kemudian ditemukan meninggal akibat kedinginan dan kelelahan. kata bapak semang penulis " jangankan kok orang luar, orang Jatiarjo saja sering tersesesat". Kiranya begitulah kepercayaan magis masih menguat di Gunung Arjuno menurut kalangan dan cara pandang masyarakat Jatiarjo. Daerah lain selain di kawasan utama Arjuno daerah ringgit juga di tandai sebagai area wingit apalagi kata anak bapak semang penulis disana ada makam dan juga penunggunya. Entah makam siapa karena penulis tidak mengorek informasi lebih dalam. 
          Pada umumnya gunung telah menjadi tempat perlindungan dan penghidupan bagi masyarakat Jawa. itupun, telah dijabarkan pada tulisan atau buku Lucas Sasongko dengan judul Merapi dan Orang Jawa; Persepsi dan Kepercayaann terbitan Grasindo 2010. Gunung telah menjadi satu simbol ayah dan laut telah menjadi simbol ibu kiranya begitulah penggambaran kosmologi Jawa. Lebih menarik lagi penggembaran kosmologi Jawa itu dipakai oleh kerajaan Mataram awal mulaya memberi penguatan politik dari sisi penguasaan Jawa lewat segi mistik. Mengenai "kosmologi", kosmologi sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan asal muasal penciptaan alam semesta. Pengertian kosmologi sendiri dapat dilihat pada buku Fabian H. Chandra dengan judul Kosmologi studi struktur dan asal mula alam semesta. Pada legenda Jawa dan cerita rakyat yang berkembang, awalnya pulau jawa itu adalah pulau nobaden karena mengambar tanpa ada pemberat. Waktu itu itu dewa melihat dari atas langit dan kemudian prihatin melihat pulau yang mengambang itu. Akhirnya dewa berinisiatif untuk membotong sebagian pucak Himalaya di India untuk dibayai ke Pulau Jawa. Awalnya sebelat Timur yang diberi irisan Gunung Himalaya tersebut tapi jomplang sebelah atau timpang sebelah akibatnya Jawa sempat miring dan akhirnya gunung tersebut diris lagi dan dibagi sama rata. Gara-gara moitologi tersebut, pada waktu kecil dulu penulis sepat berimagenasi terbang ke langit untuk bertemu dewa. Banyangan lain adalah merasakan hidup diatas pulau yang berpindah. Lucu tapi ya hanya imagenasi anak-anak harap dimaklumi. Kaiatan mitologi tersebut masih kuat membuat gunung memiliki kedudukan skaral terlebih jika dikaitkan dengan Pantai Selatan. Sakaralitas gunung tersebut melahirkan suatu tradisi dalam bentuk ritual yang selalu dilakukan masyarakat Jawa seperti juga masyarakat Jatiarjo. Betapapun liarnya alam, masyarakat tetap memiliki cara agar alam bisa membawa keselamatan bagi manusia yang hidup di dalam ekologinya (Gunung).

1 comments:

TINOME CHEESE, MOS, and Mango Sauce
‎TINOME CHEESE, MOS, titanium build for kodi and Mango Sauce · ‎Protein: 0g · 출장샵 ‎Vitamin titanium rings for women C: 0g · ‎Sugars: 1g · ‎TINOME CARTLES, titanium vs platinum MOS, and Mango Sauce cobalt vs titanium drill bits

Posting Komentar

Share on

Twitter Linkedin Instagram Facebook

Find Me