Kawasan Minapolitan Badug di Kabupaten Nganjuk

Kawasan Minapolitan Badug di Kabupaten Nganjuk
Ibu-ibu menjadi aktor utama penggerak ekonomi di kawasan Minapolitan di Bendungan Badug. Basis bank protein dari daratan ini memiliki konsep pengembangan ekonomi kawasan berbasis komoditas unggulan dari hulu ke hilir. Model yang tepat sebagai pola pengembangan ekonomi masyarakat pedesaan daratan rendah.

5 Nov 2016

Situs Wisata Sejarah Episode alam dan manusia penjaganya (Kebun Raya Bogor)

         Wisata Alam tengah kota dibeberapa tempat telah menjadi siatu objek yang tidak asing dikenali. Hutan kota malabar Dan Kebun Raya Bogor  adalah dua dari pabrik O2 tengah kota yang ada di Indonesia. Tapi, dalam tulisan Kali ini informasi yang diberikan tidak akan menjabarkan dua-duanya melainkan hanya mengenai Kebun Raya Bogor. Taman hutan dengan ragam flora Dan beberapa fauna (melingkupi burung Dan rusa) memiliki sejarah yang cukup keren lo.. Sejak didirikan oleh botanis jerman, keberadaan Kebun Raya Bogor terus berkembang hingga Sekarang. Tempat tersebut telah menjadi wilayah konservasi LIPI Dan terbukti bahwa di dalamnya tersimpan ribuan flora bahkan tanaman obat yang mungkin telah punah di Alam aslinya.
         Kebun raya Bogor didirikan pada 18 mei 1817 oleh Prof.Dr.C.G.C. Reinwaradt. Luas awal pendirian Kebun raya bogor adalah 87 hektar (penulis berhasil mengunjungi 1/10 hektar Dari luas keseluruhan). Awalnya, pada area kebun, sekitar 47 hektar area di Istana Bogor dan bekas Samida dijadikan lahan pertama untuk kebun botani. Reinwardt menjadi pengarah pertamanya dari 1817 sampai 1822. Kesempatan ini digunakannya untuk mengumpulkan tanaman dan benih dari bagian lain Nusantara. Dengan segera Bogor menjadi pusat pengembangan pertanian dan hortikultura di Indonesia. Pada masa itu diperkirakan sekitar 900 tanaman hidup ditanam di kebun tersebut. Reinwardt juga menjadi perintis di bidang pembuatan herbarium. Ia kemudian dikenal sebagai seorang pendiri Herbarium Bogoriense. Sumber :http://www.krbogor.lipi.go.id/id/Sejarah-Kebun-Raya-Bogor.html 
         Sedangkan, keberadaan istana bogor di dalamnya memiliki sejarah yang berbeda. Dari informasi sebuah Situs, Asal mula dibangunnya Istana Bogor berawal dari keinginan orang – orang Belanda yang bekerja di Batavia (sekarang Jakarta ) untuk mencari tempat peristirahatan. Karena mereka beranggapan bahwa kota Batavia terlalu panas dan ramai, sehingga mereka perlu mencari tempat – tempat yang berhawa sejuk di luar kota Batavia.Gubernur Jendral Belanda bernama G.W. Baron van Imhoff, ikut melakukan pencarian itu dan berhasil menemukan sebuah tempat yang baik dan strategis di sebuah kampung yang bernama Kampong Baroe, pada tanggal 10 Agustus 1744. Setahun kemudian, yaitu pada tahun 1745 Gubernur Jendral van Imhoff ( 1745 – 1750 ) memerintahkan pembangunan atas tempat pilihannya itu sebuah pesanggrahan yang diberi nama Buitenzorg, (artinya bebas masalah / kesulitan). Pengurusan istana Bogor Dan Kebun raya Bogor bukan dalam satu kepengurusan yang sama. Meskipun begitu, sejarah istana Bogor juga dekat dengan pendirian Kebun raya bogor bahkan Dari istana Bogor inilah Kebun raya Bogor ada. Sumber:
http://bogorsehat.pedia.id/index.php/sejarah-bogor/106-kota-bogor-59284/265-sejarah-berdirinya-istana-bogor.html
         Dari sinilah kemudian istana Bogor mulai berkembang Dan sering di fungsikan sebagai istana kepresidenan dalam menyambut tamu penting kenegaraan. Selain istana Bogor, di Kebun raya Bogor juga terdapat makam Belanda Dan makan istri Prabu Siliwangi. Makam Belanda adalah makam para keluarga belanda yang bermukim di istana Bogor pada zamannya. Rata-rata mereka adalah keluarga ilmuan yang meneliti spies tanaman di Kebun raya Bogor. Mengenai makan istri Prabu Siliwangi penulis belum ke area pemakamannya. Lain waktu informasi mengenai makam tersebut akan disambung kembali saat penulis berkunjung ke Kebun Raya Bogor.

0 comments:

Posting Komentar

Share on

Twitter Linkedin Instagram Facebook

Find Me